Sabtu, 10 April 2010

PENGULANGAN

Pengulangan
Digunakan untuk mengulang suatu perintah sebanyak yang diinginkan tanpa harus menulis ulang. Bahasa PHP mengenal tiga jenis perintah pengulangan, yaitu:



1. for
Digunakan untuk mengulangi perintah dengan jumlah pengulangan yang sudah diketahui. Pada perintah ini tidak perlu menuliskan suatu kondisi untuk diuji. Kita hanya perlu menuliskan nilai awal dan akhir variabel penghitung. Nilai variabel penghitung akan secara otomatis bertambah atau berkurang tiap kali sebuah pengulangan dilaksanakan. Sintaks penulisannya sebagai berikut :
for (nilai_awal; nilai_akhir; penambahan/penurunan)
{
pernyataan yang akan dijalankan
}

contoh struktur pengulangan dengan for


struktur pengulangan dengan for


for($i=3; $i<= 7; $i++)
{
print(" Indonesia Tanah Airku
");
}
?>



2. while
Perintah ini digunakan untuk mengulangi suatu perintah sampai jumlah tertentu. Pengulangan akan terus berjalan selama kondisi masih bernilai benar. Sintaks penulisannya sebagai berikut :
while (kondisi)
{
pernyataan yang akan dijalankan
}

contoh struktur pengulangan dengan while


struktur pengulangan dengan while


$i=1;
while ($i <= 5)
{
print("$i
");
$i++;
}
?>







3. do … while
Proses pengulangan akan berjalan jika kondisi yang diperiksa di while masih bernilai benar dan pengulangan akan dihentikan jika kondisinya sudah bernilai salah. Sintaks penulisannya sebagai berikut :
do
{
pernyataan yang akan dijalankan
}
while (kondisi)

Perbedaan antara perintah while dengan do … while adalah terletak dari kondisi yang diperiksa. Pada perintah while, kondisi yang diperiksa terletak diawal perulangan, sehingga sebelum masuk ke dalam perulangan while kondisi harus bernilai benar. Sedangkan pada perintah do … while, kondisi diperiksa di akhir perulangan. Ini berarti bahwa paling sedikit sebuah perulangan akan dilakukan oleh perintah do … while, karena untuk masuk ke dalam perulangan tidak ada kondisi yang harus dipenuhi. Contoh struktur pengulangan dengan do … while :



struktur pengulangan dengan do…while


$i = 1;
do
{
print("$i
");
$i++;
}while($i <= 5);
?>



Tidak ada komentar:

Posting Komentar